Beauty Journal: Focallure, buy it or skip it?

Hi beauty enthusiast!

Beberapa dari kalian mungkin udah nggak asing lagi kalau denger brand "Focallure", brand ini sempet di-rave sama Tasya Farasya (beauty youtuber Indonesia) awal tahun 2017 kemarin dan akhirnya jadi booming banget dimana-mana. Selain karena harganya yang murah, Focallure ini juga punya kualitas yang lumayan wow, apalagi untuk produk eyeshadow-nya. Awalnya aku maju mundur mau beli Focallure ini, simply karena takut ada ingredients berbahaya didalam produknya hehe. Tapi, nggak lama setelah itu aku baca review Focallure dari Lippelust (my fav beauty blogger!) disini dan ngejelasin bahwa produk dari Focallure itu aman dan juga cruelty free. Akhirnya tanpa basa-basi aku langsung search di Amazon dan sesuai dugaanku, harganya even lebih murah lagi daripada yang dijual di instagram. Setelah hampir 3 bulan nunggu (karena aku belinya misah-misah), akhirnya datang juga barangnya! Nah, daripada lama aku akan langsung masuk ke reviewnya ya

  
 
 



Packaging 

Kalian bisa lihat dari gambar diatas, semua produk Focallure datang dengan box hitam diluarnya, dengan desain yang simple banget, cuma bertuliskan "lips" untuk box lipsticknya dan "eyes" untuk box small eyeshadow-nya. Untuk liquid lipsticknya, botolnya clear and glossy, jadi kalian bisa lihat isi didalamnya. Desainnya sama sekali nggak 'berisik', cuma bertuliskan "matte lips" dan Focallure disisi satunya. Untuk small eyeshadow-nya, packaging-nya kalau dilihat mirip banget sama eyeshadow-nya mac yang times nine. Sama-sama clear dan magnetic. Sedangkan untuk yang 18 eyeshadows-nya, packaging-nya itu cardboard glossy gitu dan ada magnetic-nya juga. Aku suka lihat packaging-nya, karena desainnya simple and sleek plus semuanya bernuansa hitam, jadi kelihatannya lebih elegant aja kalau menurutku. 

Applicator

 

Aplikator matte lipsnya bentuknya pipih dan lurus, agak mirip sama aplikator matte lipglossnya L.A Girl. Sejujurnya sih, i'm not a fan of this kind of applicator, karena menurutku agak susah dipakenya, apalagi dibagian cupid's bow. Tapi untuk pengaplikasiannya sendiri nggak terlalu bermasalah kok. 

About the lipstick 

 

Pertama aku akan ngejelasin tentang lipsticknya dulu ya. Konsistensinya cukup cair, apalagi pas pertama kali aku terima, kayak super liquidy gitu. Ntah karena dia kena panas selama perjalanan atau gimana, tapi setelah beberapa lama teksturnya agak berubah jadi sedikit lebih creamy, kali ini ntah karena memang karena suhu kamarku yang dingin atau memang tekstur aslinya kayak gini. Untuk pigmentasinya harus aku acungi dua jempol, super duper duper pigmented! Bener-bener langsung nutup seluruh bibir dalam satu swipe aja. Menurutku lipstick ini punya wangi chemical yang cukup kuat, walaupun kalau sudah dipakai lama-kelamaan akan hilang sih, tapi kalau untuk aku sendiri wanginya agak sedikit mengganggu.

Untuk nunggu lipstick ini jadi kering nggak butuh waktu lama kok, cuma sekitar 1-2 menit dan setelahnya lipstick ini akan jadi bener-bener matte dan sama sekali nggak lengket di bibir. Cuma sayangnya memang bibir kerasa kering dan ketarik banget setelah lipsticknya jadi matte dibibir. Lipstick ini bikin bibirku jadi kering banget, jadinya agak kurang nyaman menurutku kalau dipake lama-lama. Setelah jadi matte, lipstick ini bisa bertahan sekitar 6 jam sebelum akhirnya pelan-pelan memudar. Kalau kalian nggak makan dan minum, mungkin lipstick ini bisa bertahan lebih lama lagi. Untuk ngehapusnya, kalian butuh oil based remover, karena lipstick ini nggak hilang cuma dengan micellar water aja, apalagi air.

About the eyeshadow


 




Nah ini dia nih produk yang di-rave sama banyak orang, yaitu eyeshadownya. Kalau yang isi 9 seklias mirip banget sama mac times nine, nah kalau yang isi 18 mirip banget sama eyeshadownya huda beauty yg rose gold palette. Mulai dari warna sampai tipe eyeshadownya. Bedanya, kalau eyeshadow metallicnya huda beauty itu lebih kayak pressed glitter, kalau yang punya focallure kayak metallic eyeshadow biasa. Sayangnya aku nerima dua-duanya dengan keadaan beberapa warnanya ada yang pecah, jadinya agak berantakan kemana-mana.

Untuk metallic shadesnya (yang ada di 18 eyeshadow palletenya) j-u-a-r-a banget! Super creamy, pigmented, pokoknya bagus banget deh pas diaplikasiin ke mata. Untuk shimmer shadesnya, teksturnya creamy juga, walaupun warnanya nggak se-pigmented yang metallic tapi tetep cantik kok kalau dipakai. Terkahir matte shadesnya, sejujurnya i'm not a fan, karena teksturnya chalky banget dan nggak pigmented sama sekali apalagi warna-warna yang lebih terangnya,  falloutnya juga jauuuh lebih banyak daripada yang lainnya. Semua eyeshadownya bisa di blend kok, walaupun harus agak lebih extra aja. Falloutnya juga bisa ditolerir kok kalau menurutku, nggak separah itu.

Swatches


04 French Beige


05 Nine colors e

 

From left to right: first row, second row, third row

Verdict

Jadi, buy it or skip it? Untuk lipsticknya aku akan skip aja hehe, karena formulanya yang bikin bibir kering banget dan nggak nyaman dipakenya. Meskipun harganya murah, tapi kalau dipakainya nggak nyaman kan sayang banget. Menurutku sih lebih baik lipstick lokal aja, banyak kok yang kisaran harganya sama tapi kualitasnya lebih bagus. Untuk 9 eyeshadowsnya juga aku skip, kenapa? Karena formulanya menurutku biasa aja dan nggak se-pigmented itu. Again, eyeshadow lokal juga banyak kok yang harganya terjangkau tapi kualitasnya tetep bagus, kayak inez atau ltpro. Terakhir untuk 18 eyeshadowsnya, kalau yang ini worth to try lah kalau kalian penasaran sama palettenya huda beauty tapi nggak mau beli yang asli, nah boleh nih cobain yang ini. Untuk harga semua produk diatas kalian bisa cek langsung ke online shopnya ya, soalnya aku belinya kebetulan di amazon, jadi kemungkinan harganya beda sama yang dijual di Indonesia.

Love,




3 komentar:

  1. lagi pengen keppo sama produk ini nih hehe.. dengan harga yg cukup lumayan ditambah packagingnya yg wow oke punya..
    warna eye shadownya juga bagus2..
    makasi reviewnya ya kak kekepoaku lumayan terobati lah hehehe
    salam kenal yaa

    http://naziezie.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Hallo, salam kenal jugaa :) makasih yaa udah baca. Mereka banyak ngeluarin produk baru lg sekarang & kualitasnya pun jadi lbh bagus, boleh tuh dicoba

    BalasHapus
  3. Hi,,, aku juga pake lipcream shade ini, emang sih bikin kering,,tapi wanginya aku suka wangi cokelat milo

    ifrillah.blogspot.com

    BalasHapus

Fildzah Arifin. Diberdayakan oleh Blogger.