Beauty Journal: Maybelline Super Stay Matte Ink Review & Swatches

Hello, hello!

Kali ini aku akan ngebahas liquid lipstick dari Maybelline yang beberapa bulan lalu baru aja rilis di Indonesia, yup apalagi kalo bukan Super Stay Matte Ink! Jujur, ini baru pertama kali aku nyobain produk bibirnya Maybelline. Duluuu banget, jaman-jaman masih sekolah aku sempet punya lipsticknya yang color sensation, tapi karena warnanya kurang cocok jadinya aku kasih ke adikku. Setelahnya aku nggak pernah beli lipstick dari Maybelline lagi, karena warnanya selalu kurang cocok, apalagi yang dirilis di Indonesia kadang nggak semua warna, jadi yang ada cuma warna itu-itu aja, pink lagi, merah lagi, dsb. Di Jerman sebenernya produknya udah dirilis dari lama banget, even yang un-nude pun udah rilis disini, tapi aku baru tertarik pas kak Rissa dari @lippielust dan Suhay Salim nyobain ini. Disini harganya agak lumayan pricey sih kalau dibandingin sama makeup drugstore lainnya kayak Essence, Catrice, dll, harganya sekitar 9 Euro atau sekitar 160.000 Rupiah. Awalnya aku males beli, soalnya 9 Euro tuh udah bisa dapet produk lain yang lebih berguna dan mungkin lebih bagus, tapi kayaknya emang aku berjodoh sama lipstick ini. Akhir bulan lalu produk-produk Maybelline lagi diskon 30% di Rossmann (salah satu drugstore di Jerman), akhirnya langsung aku borong aja 6 warna yang aku udah naksir dari lama, Loyalist, Lover, Driver, Poet, Amazonian, Fighter dan Seductress.



Packaging 


 

Masih sesuai dengan tema makeupnya Maybelline, Matte Ink ini hadir dengan packaging yang chic yet simple. Bentuknya kotak, tapi agak lebih pendek dan lebar dari ukuran liquid lipstick pada umumnya. Seperti yang kubilang, desainnya cukup simple, dengan warna tutup yang putih dan warna tubenya yang ngikutin warna lipstick di dalamnya. Nama dan nomor shadenya ditempel di bagian atas botolnya, begitu juga dengan tulisan super stay matte ink dan maybellinenya, ditempel dengan sticker di bagian badan botol. Waktu aku beli sih lipstick ini nggak ada kotak ataupun plastik pembungkusnya, cuma ada sticker segelnya aja, sama kayak lipstick Maybelline lainnya. Aku sendiri malah sebenernya lebih suka sama konsep ini, jadi nggak buang-buang plastik dan kertas, yang pada akhirnya akan dibuang dan jadi sampah.

Aplikator

 

Aplikatornya menurutku unik, beda banget sama aplikator liquid lipstick pada umumnya. Bentuknya meruncing dan agak pipih, plus ada 'bolongan' gitu ditengahnya. Kalau nyontek dari blognya lippielust.com, fungsi dari bagian yang 'bolong' ini adalah untuk menyimpan produk, jadi produk yang keambil nggak terlalu banyak dan nggak terlalu sedikit juga. So far, aku suka banget sama bentuk aplikator yang kayak gini, bentuk ujungnya yang runcing bikin aku gampang make lipsticknya, terutama dibagian cupid's bow. Jadi bener-bener bisa bikin lipstick yang rapi dan precise.

About the product

"Ink your lips up to 16 HR saturated liquid matte", gitu baca kalimat ini di website mereka aku langsung penasaran, apa beneran nih bisa tahan segitu lama? Yaa, walaupun aku nggak akan make lipstick selama 16 jam juga sih hehe. Tapi sesuai dengan claim mereka sih, lipstick ini beneran super stay dibibir. Aku udah coba lipstick ini dari sambil makan chips, pudding, coklat, sampe makan makanan berat kayak nasi gulai dan dengan cantiknya lipstick ini masih bertahan dibibir. Pokoknya untuk ketahanan dan transferproof-nya atau smudgeproof-nya aku akuin lipstick ini juara banget. Emang sih setelah diaplikasiin butuh waktu beberapa menit untuk nge-set dibibir biar jadi transferproof, tapi nggak lama kok cuma 2-3 menit aja kurang lebih, setelah itu lipsticknya nggak akan kemana-mana. Pas nge-set dibibir sih rasanya nyaman banget, sama sekali nggak kerasa ketarik atau bibir jadi agak kaku gitu.

Lipstick ini punya wangi vanilla yang cukup kuat menurutku dan setelah diaplikasiin pun wanginya masih agak nempel. Kalau untuk aku pribadi sih wanginya nggak mengganggu, soalnya aku lumayan suka sama wangi-wangi yang kayak gini hehe. Tapi untuk kalian yang gampang mual atau kurang nyaman sama lipstick dengan wewangian, saranku sih coba dulu testernya biar kalian kebayang kira-kira wanginya gimana.

Lipstick ini punya konsistensi yang lumayan kental, apa ya jatohnya thick liquid aja gitu, nggak moussy dan nggak creamy. Nah jadinya kalau aku ngerasanya dibibir jadi agak 'berat' gitu, kayak kerasa banget lagi pake sesuatu diatas bibir. Karena toleransi kenyamananku sm lipstick rendah banget alias emang nggak muluk-muluk nyari yang lightweight jadi di aku ok aja sih. Nah tapi ini yang cukup aku sayangkan, dia agak lengket gitu even pas udah nge-set pun aku masih ngerasa lipstick ini lengket banget.

Untuk soal pigmentasi sih udah nggak perlu dibahas lagi kayaknya haha, pigmented banget, cukup satu swipe udah deh bisa nutup untuk seluruh bibir. Walaupun setelah aku perhatiin, lipstick ini agak mengaksentuasi alias memperjelas garis-garis bibirku. Jadi untuk kalian yang punya bibir super kering kayak aku, ada baiknya kalian eksfoliasi bibir dulu sebelum pake lipstick ini.

Nah terus, terakhir yang akan aku bahas adalah finish-nya. Walaupun tulisannya matte ink, aku ngerasa kalau lipstick ini nggak completly matte finish, kenapa? Soalnya pas aku foto atau pas aku ngaca lipstick ini masih mantulin cahaya gitu, which is belum bisa disebut matte finish. Mungkin sih lebih ke satin kali ya finish-nya? Tapi aku sih sebenernya prefer finish lipstick yang kayak gini, soalnya bibir keliatan lebih sehat aja gitu lebih plump tanpa kalian harus extra pakai lipgloss. Oh iya, untuk ngehapusnya kalian cuma butuh pake oil based remover aja kok, usap-usap dengan lembut, and that's it. Nggak perlu diusek-usek banget kok bibirnya.

Swatch 


Purple based pink (ngarang) yang super cantik dan bikin muka jadi cerah

True beige. As you guys can see, warna ini washed out banget di aku

Pink nude yang super pale di skin tone aku


Another pink nude tapi ada sedikit undertone coklatnya, warnanya super cantik! Fav of 'em all

Warm tone brown, well this one is pretty too

A lil' bit cool tone brown, which i like it too

Final verdict

Ok, tanpa basa-basi i'll give this lipstick 3.5 stars out of 5! Range warna mereka sebenernya udah banyak banget dan kalian pasti bisa nemuin warna yang kalian suka, warna-warna favoritku sih tentunya dari seri un-nude mereka hehe. Tapi jangan khawatir, untuk kalian pecinta warna bold ataupun warna aneh-aneh mereka punya juga kok. Sayangnya sih emang cuma karena formulanya yang agak 'berat' dan lengket. Tapi kalau kalian nggak ada masalah sama hal itu, ini bisa jadi lipstick favorit kalian. Oh iya, setauku produk ini udah bisa kalian beli di drugstore di Indonesia, untuk harganya sendiri aku nggak tahu. Untuk seri un-nude yang belom rilis di Indonesia, setauku sih udah banyak online shop yang jual, jadi kalian bisa langsung cek ke online shop langganan kalian.

Love,


1 komentar:

Fildzah Arifin. Diberdayakan oleh Blogger.