Travel Journal: Jalan-Jalan ke Düsseldorf & Köln

Di bulan Februari kemarin aku dapet waktu liburan selama dua minggu. Kalau di Bayern, di Negara bagian yang aku tinggali sekarang ini namanya liburan Fasching atau Faschingsferien. Apa sih Fasching? Fasching itu kayak karnaval, jadi orang-orang biasanya pada pake kostum, dandan aneh-aneh terus rame-rame ngumpul di jalanan. Nah terus nanti akan ada orang yang keliling-keliling ntah naik mobil ataupun jalan kaki, yang biasanya mereka akan ngebagiin permen, coklat, popcorn, atau makanan kecil lainnya dengan cara dilempar ke orang-orang yang pada ngumpul di jalanan tadi. Di beberapa daerah Jerman bagian utara biasanya karnaval ini disebut "Karneval". Mungkin bisa disamain sama Mardi Gras atau Carnival in Rio de Janeiro. Liburan ini biasanya dimulai dari akhir februari sampai awal maret. Nah, aku dapet libur dan akhirnya aku memutuskan untuk jalan-jalan dan ketemu sama temen-temen.

Pertama aku memutuskan untuk jalan-jalan keliling NRW, mulai dari Köln, Düsseldorf, Aachen sampai melipir sedikit ke Maastricht, Belanda. Nah, di post part satu ini aku mau cerita sedikit ke kalian tentang jalan-jalan di Köln dan sekitarnya dulu, untuk jalan-jalan ke Maastrichtnya aku ceritain di part dua ya!

Jadi, kalau kalian mau keliling NRW dalam sehari, aku bisa saranin kalian untuk beli tiket SchönerTagTicket NRW seharga 30 Euro untuk single ticket-nya dan 44 Euro untuk group ticket-nya. Dengan tiket Schönertag NRW ini kalian bisa jalan-jalan keliling negara bagian NRW dan literally kemanapun dan sejauh apapun, tapi dengan catatan kalau kereta hanya bisa RE atau RB ya.

Somewhere in Düsseldorf

Karena waktu itu aku lagi berkunjung ke tempat temen di Aachen, jadilah kita berangkat dari Aachen menuju tujuan pertama kita, yaitu Düsseldorf. Kenapa Düsseldorf? Karena temenku nge-rekomendasiin restoran Jepang yang katanya enak banget dan rasanya authentic kayak di Jepang. Jadilah aku penasaran banget, mana kebetulan udah lama banget nggak makan makanan Jepang.

Setelah sejam lebih, sampailah kita akhirnya di Düsseldorf! Yey! Tanpa lama lagi, kita langsung buka google maps dan nyari jalan ke restoran itu. Sekitar 10 menit dari Hauptbahnhof, akhirnya kita sampe juga di restoran Takumi. Restorannya ada di jalan Immermanstraße, nah sepanjang jalan itu berderet beberapa restoran Jepang, semuanya keliatan menarik dan authentic banget. Tapi karena temenku udah nyaranin restoran takumi, akhirnya jadilah kita langusng menuju kesitu tanpa pilih-pilih. Luckily, antriannya nggak terlalu panjang dan kita cukup nunggu 10menitan aja! Katanya sih, kalau lagi peak hour gitu restorannya jadi super rame dan antriannya panjaaang banget. Special menu disini ramen, which is my favourite dish! Akhirnya tanpa basa-basi kita berdua mesen ramen {nama ramen} dan gyozanya juga. Akhirnya ke-kangenanku sama ramen terbalas sudah!

Kölner Dom

Setelah isi perut kita langsung menuju Köln sebagai tujuan terakhir kita. Kita cuma butuh waktu kurang dari satu jam untuk sampe di Köln dan sesampainya disana, karena cuaca kurang mendukung akhirnya kita ngopi-ngopi dulu di Hauptbahnhof sambil liatin pemandangan Kölner Dom yang ada pas di sebelahnya. Setelah cuaca agak membaik, kita akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan alias shopping! Toko-toko disini banyak banget, banyak toko yang mungkin nggak ditemuin di kota-kota kecil lainnya juga, jadi bener-bener banyak pilihan untuk kalian yang suka belanja hehe.

Setelah puas muter-muter (plus belanja dan foto-foto tentunya), akhirnya kita memutuskan untuk pulang. Meskipun tadinya aku sempet mikir untuk lanjut ke kota ketiga (rencanaya mau ke Bonn juga), tapi aku mengurungkan niat itu karena cuaca yang kurang mendukung dan juga kita semua udah mulai capek.

Nah, segitu dulu cerita keliling (sebagian) NRW-nya! Setelah ini aku akan melanjutkan perjalanan ke Maastricht, jadi stay tune ya untuk baca post aku mengenai trip selanjutnya!