About Au Pair: Wawancara dengan calon Gastfamilie

Hallo!

Kalau sebelumnya aku udah tulis beberapa hal yang perlu dipertimbangin saat milih keluarga, sekarang aku akan ngasih tau kalian apa aja sih hal-hal penting yang perlu kalian perhatikan sebelum, saat dan sesudah wawancara dengan calon Gastfamilie kalian.

Sebelum kalian melakukan wawancara (biasanya dilakukan via skype atau video call lainnya), hal yang perlu kalian perhatikan sebnernya simple aja sih, yaitu sinyal internet kalian hehehe. Karena sesungguhnya sinyal internet yang baik merupakan awal yang baik untuk segalanya hahaha. Karena, kalau kalian bisa video call dengan suara yang jernih, maka kalian bisa mendengar calon GF kalian dengan lebih baik, jadi nggak ada salah paham atau salah denger (waktu itu aku pernah skype dengan salah satu calon GF dengan sinyal yang lumayan jelek, alhasil aku nggak bisa ngerti mereka nanya dan ngomong apa:().

Nah pada saat kalian skype, saranku sebelum kalian skype kalian catet pertanyaan apa aja yang mau kalian tanyain ke calon GF kalian biar nggak ada yang lupa ditanyain. Dulu, aku bikin list pertanyaan di notesku, jadi setiap skype sama calon GF aku tinggal baca notesnya deh. Rinci pertanyaannya sebenernya aku udah lupa apa aja, tapi kira-kira sih poin-poinnya antara lain:

  • jam kerja (ini harus jelas, hari dan jamnya)
  • hari libur (karena kebijakan setiap keluarga berbeda-beda)
  • pekerjaan rumah yang harus dikerjakan diluar menjaga anak (serinci-rincinya) 
  • tugas kalian (menyangkut anak-anak, misalnya antar-jemput, masak, dsb) 
  • fasilitas yang akan kalian dapat (kamar tidur, kamar mandi, makanan (untuk yang muslim, kalian bisa bilang mengenai makanan dan minuman kalian (nggak makan babi & alkohol) dan juga waktu untuk shalat)
  • kursus Bahasa Jerman (kapan bisa mulai, dimana, gimana pembiayaannya)
  • dan juga transportasi kalian (dari rumah ke tempat les, atau dari Indonesia ke Jerman). 
Biasanya calon GF kalian akan meminta untuk skype lebih dari satu kali, biasanya sih untuk ngeliat lagi kecocokan diantara kalian. Jadi, pada saat skype ini kalian udah bisa bayangin gimana rasanya tinggal sama calon GF kalian, nah setelah itu kalian bisa nentuin GF mana yang akan kalian pilih.

Selain poin-poin diatas kalian juga pasti akan ditanya-tanya sama GF kalian, biasanya mengenai profil kalian sendiri. Kalo ini jawab aja sejujur-jujurnya, kalau memang kalian punya kebutuhan khusus seperti waktu shalat, kalian juga bisa bilang ke GF kalian. Mereka nggak akan segan kok sebenernya untuk memberikan kalian waktu ibadah, jadi jangan ragu untuk bilang ke calon GF kalian. Oh iya, mereka juga akan sangat ngerti kok kalau Bahasa Jerman bukan bahasa ibu kalian, jadi walaupun kalian masih ngerasa kemampuan Bahasa Jerman kalian masih kurang, kalian jangan takut untuk nanya ataupun jawab ya. Pokoknya jangan takut salah, yang penting kalian harus coba ngomong dulu! :)

Ada macem-macem tipe GF, ada yang cuma dua sampai tiga kali skype langsung ngirimin Vertrag-nya ke kalian, ada juga yang nunggu beberapa bulan baru mereka yakin sama kalian dan ngasih Vertrag-nya ke kalian untuk proses pengurusan visa. Yang jelas, kalian jangan lupa tanya ke calon GF kalian mengenai keputusan mereka, apakah kalian akan jadi aupair mereka atau enggak.

Segitu kurang lebihnya yang bisa aku ceritain mengenai wawancara dengan calon GF, semoga post kali ini bermanfaat untuk kalian ya, para calon aupair!

Liebe Grüße,


2 komentar:

  1. halo, aku mau tanya waktu mengurus visanya itu diwajibkan punya sertifikat bhs jerman A1 ya? Nice info.

    BalasHapus
  2. Hai, thank you sudah baca :) Iya, untuk ngurus visanya wajib punya sertifikat bahasa jerman min. A1

    BalasHapus

Fildzah Arifin. Diberdayakan oleh Blogger.